recent posts

JAGA LISANMU

 on Senin, 18 Januari 2016  


Kamu tau gak gais, benda yang paling tajam di dunia ini? Pisau, silet, gunting, kapak, clurit, pacul, traktor, kebo, sapi? Salah semua gais, lu pikir ini toko pertanian? Jawabannya yang bener itu lidah gais. (ceritanya diriku mendadak alim).
Ya sob, salah satu bagian tubuh manusia yang tak bertulang ini merupakan benda tertajam didunia. Sebab ia mampu menyayat-nyayat, merobek, dan mencabik-cabik hatimu tanpa harus membelah dadamu. Bahkan tak jarang luka yang disebabkannya masih terasa begitu sakit meski sudah bertahun-tahun dan ada juga lukanya tak sembuh sampai ajal menjemput.
Lu jangan bayangin kalo lu bisa hancurin hati orang dengan lu jilat-jilat, Bukan itu maksudku. Kamu bisa melukai hati orang dengan ucapan yang keluar dari lidahmu baik itu di sengaja atau tidak. Kata-kata yang kamu ucapkan bisa juga jadi sebuah cerminan tentang dirimu yang sebenarnya. Jadi istilahnya lidah itu bak pedang bermata dua. Satu sisi bisa menyerang orang lain tapi suatu saat juga bisa melukai dirimu sendiri.
Ada lagi sob. Kalo orang jawa bilang “ajining diri gumantung ono ing lati” artinya harga diri, identitas, jati diri dan kepribadian seseorang itu tercermin dari lisannya. Satu kalimat dengan makna yang dalam. Jadi intinya orang bisa lihat siapa lu sebenarnya dengan memperhatikan ucapanmu. Kalo kamu pengen lihat contohnya kamu lihat aja orang sekelilingmu (saya males nyebutin, kwakwak).
tapi ya nggak gini juga kali
Sekarang apa saja perbuatan lisan kita yang bisa menyakiti hati orang lain? Banyak sob, bangeten kalau kamu nggak tau. Saya kasih sedikit contoh, fitnah dan gosip serupa tapi tak sama bisa menghancurkan kehormatan orang dalam waktu sekejap. Menghina dan sejenisnya bisa mengakibatkan mental korbannya down bahkan bisa memicu perseteruan.
Untuk itu sob, saran saya sebelum bicara pikirkan dahulu jangan asal nyerocos. Lihat-lihat dulu situasi, duduk permasalahan juga orang yang kamu ajak ngomong karena tingkat sensitivitas tiap orang beda-beda. Dan jika udah ngomongin orang lain (gosip) lebih baik tinggalkan aja (kecuali jika obrolannya menarik, haha jangan ditiru.
Sekian, sebagai penutup saya punya quotes semi orisilil :D . “mulutmu harimaumu, jika ia lepas kendali maka pasti akan makan korban. Jika ia tak menemukan mangsa, dirimu lah yang akan dimangsa”. (keren kan hehe) .

JAGA LISANMU 4.5 5 Unknown Senin, 18 Januari 2016 Kamu tau gak gais, benda yang paling tajam di dunia ini? Pisau, silet, gunting, kapak, clurit, pacul, traktor, kebo, sapi? Salah semua gai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Labels

Video Of Day

Press

Flickr Images

Like us on Facebook

Popular Posts

J-Theme