recent posts

APEL KEHORMATAN DAN RENUNGAN SUCI DI TMP HASTANA MANGGALA

 on Sabtu, 19 Desember 2015  


 Misi...!!!! sebelumnya assalamu’alaikum sobatku semua...

Kalian tau apel kan? Iya yang bulet trus rasanya manis (bukan itu sob..!! itu buah apel) apel yang akan saya bahas di sini bukan buah apel ataupun apel-in pacar, tapi apel yang akan saya bahas apel semacam upacara itu lho sob. Bukan sembarang apel, namun ini adalah “apel kehormatan dan renungan suci” (wihh, dalem banget bahasanya.. “memang namanya itu woy...!!!” )
Buat yang belum tau apa itu apel kehormatan dan renungan suci atau bisa di sebut AKRS, mungkin bisa tanya sama mbah gugel. Tapi setau saya sih ini apel yang biasa di lakukan untuk memperingati hari pahlawan dan biasanya dilakukan di taman makam pahlawan pada tengah malam tepat pukul 00.00 (CMIIW). Iaa soob...!!! ente nggak salah baca, apel itu dilakukan di kuburan tengah malam. Oke, di sini tidak akan saya bahas panjang lebar tentang apa itu AKRS. Tapi saya akan sedikit cerita tentang pengalaman saya mengikuti AKRS.
Sebelumnya perlu kalian tau, bahwa saya bukanlah seorang pelajar, mahasiswa ataupun PNS. Saya hanya pemuda biasa yang tampan, menawan serta mempesona yang kebetulan dapat kehormatan mengikuti rangkaian AKRS mewakili pemuda sebuah lembaga dakwah di kotaku hihi (gini-gini ane anak alim loh) :D

Pagi itu senin 9 november 2015 saya di datengin temen
TA:”bro, nanti malem koe melu upacara yo?”
Ane: “upacara opo bos?”
TA: “upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan ning kuburan manding jam 12 malem”  (yang dimaksud kuburan manding adalah taman makam pahlawan hastana manggala negara sragen).
Ane: “pacara pemanggilan arwah po? Haha “ kami berdua ngakak.
TA:”mbuh ngko, pokok.e koe melu.” Lalu dia ngacir tanpa menunggu konfirmasi dari saya.

Terus terang bayangan saya saat itu adalah upacara di tengah kuburan yang nuansanya sueereem polll dan pikiran aneh-aneh lainnya. Pukul 10.30 saya ke tempat temen saya untuk konfirmasi (udah dandan ganteng maksimal tentunya). Ternyata dia udah siap (padahal aslinya masih nunggu lama, haha) dan kita langsung berangkat.
***
Setelah sampe di tempat ngumpul, kita istirahat sejenak. Maklum lah kan siangnya abis kerja belum sempet istirahat.
***
 Pukul 11.30.  kita berangkat ke lokasi dan di luar kompleks pemakaman sudah di sambut oleh bapak-bapak polisi dan tentara,  Sudah telat rupanya. Dan seketika apa yang saya bayangkan lenyap tak berbekas, gak ada nuansa serem sama sekali. Kita langsung di perintahkan untuk segera memasuki lokasi tempat upacara. Disana sudah berbaris rapi bapak-bapak polisi, tentara, veteran, bahkan ada juga anak-anak OSIS dan Pramuka. Tapi untunglah upacara belum di mulai, dan setelah tanya tanya bisa di konfirmasi bahwa ini adalah acara AKRS.
Pukul 00.00 tepat, apel (sampai di sini akan saya tulis apel karena kita sudah tau acaranya) di mulai dan di pimpin langsung oleh bapak kapolres Sragen. berlangsung dengan lancar dan khidmad. Bahlkan saking ngantuknya khidmad nya saya lupa mau ambil gambar :D. bahkan pada saat upacara berlangsung aku terbayang bagaimana kerasnya perjuangan pahlawan pahlawan kita untuk mempertahankan NKRI.
Sekitar pukul 01.00, alhamdulillah AKRS selesai dengan lancar. Setelah dibubarkan kita sejenak istirahat sambil foto-foto (biasalah, anak muda kekinian :D). setelah puas foto-foto, daaaan acara yang paling di tunggu-tunggu tiba, yaitu pulang ke rumah masing-masing dan tiduuurrr.
Dalam acara itu saya khususnya mendapat banyak pelajaran antaar lain, untuk mendapatkan sesuatu itu terkadang dibutuhkan pengorbanan bahkan tak jarang nyawa sendiri lah yang harus dikorbankan. Saya juga salut untuk kakek-kakek veteran yang meskipun usianya sudah tak lagi muda, namun masih menyempatkan waktunya untuk memenuhi panggilan tugas negara yang menandakan masih ada semangat yang menggelora dibalik tubuhnya yang renta.
Ahirnya... sementara saya cukupkan cerita dari saya semoga ada manfaatnya, kalopun gak ada gimana caranya deh biar bisa dimanfaatin??

 Sebagai penutup, saya punya beberapa quotes:
“bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya” (pidato bung Karno hari pahlawan 10 november 1961)
“setiap orang adalah pahlawan, paling tidak pahlawan bagi orang yang menyayanginya” (yang ini asli ciptaan saya)

sory sob ga keliatan gambare


kenalin sob, ini pahlawan masa kecilku

APEL KEHORMATAN DAN RENUNGAN SUCI DI TMP HASTANA MANGGALA 4.5 5 Unknown Sabtu, 19 Desember 2015   Misi...!!!! sebelumnya assalamu’alaikum sobatku semua... Kalian tau apel kan? Iya yang bulet trus rasanya manis (bukan itu sob..!! i...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Labels

Video Of Day

Press

Flickr Images

Like us on Facebook

Popular Posts

J-Theme